Abstract—Perkembangan teknologi digital telah mendorong perubahan signifikan dalam dunia bisnis, termasuk cara konsumen berbelanja secara online. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan metode data mining menggunakan pendekatan regresi linear sederhana dalam memprediksi penjualan pada e-commerce Khumaira Cookies & Snack. Permasalahan yang diangkat meliputi sistem penjualan yang masih dilakukan secara manual serta kurangnya pemanfaatan teknologi dalam proses prediksi permintaan pasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan tahapan perencanaan, analisis data, perancangan sistem e-commerce, pengembangan fitur prediksi penjualan, hingga evaluasi sistem. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi sistem e-commerce dengan fitur prediksi penjualan berbasis data mining yang ditujukan khusus bagi UMKM, yang masih jarang dikaji. Hasil dari analisis regresi menunjukkan bahwa metode ini mampu memberikan gambaran tren penjualan lima tahun ke depan dan membantu bisnis dalam menyusun strategi produksi serta pemasaran yang lebih tepat sasaran. Sistem e-commerce yang dibangun juga berhasil meningkatkan efisiensi transaksi dan pengalaman pengguna. Keterbatasan penelitian iniadalah penggunaan satu variabel independen, sehingga faktor eksternal belum diperhitungkan. Dengan demikian, integrasi sistem digital berbasis prediksi dapat meningkatkan daya saing UMKM dalam era transformasi digital.
Copyrights © 2025