CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol 13, No 2 (2025): September 2025

Penerapan Pembelajaran Kontekstual dalam Mata Pelajaran PKn di SMP Al-Bakriyah: Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Partisipasi Siswa Moh hafid1*, Ernawati2

Hafid, Moh (Unknown)
Ernawati, Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMP Al-Bakriyah sebagai strategi peningkatan pemahaman konsep dan partisipasi siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan guru PKn serta siswa kelas VIII. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi berupa RPP dan foto aktivitas, serta angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual mampu meningkatkan minat dan keterlibatan siswa, terutama ketika materi dikaitkan dengan realitas sosial-budaya mereka. Unsur konstruktivisme, penemuan (inquiry), dan kegiatan bertanya terbukti mendorong kemampuan berpikir kritis dan pemahaman yang lebih bermakna. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu serta perbedaan kemampuan siswa dalam beradaptasi terhadap pendekatan kontekstual. Namun, tantangan tersebut dapat diminimalisasi melalui komitmen guru dan dukungan sekolah. Penelitian ini berkontribusi terhadap pengembangan strategi pembelajaran PKn yang kontekstual, aplikatif, dan relevan dengan lingkungan sekolah berbasis keagamaan. Temuan juga menjadi dasar bagi kebijakan pendidikan yang mendukung integrasi nilai-nilai lokal dalam pembelajaran kewarganegaraan.This study aims to analyze the implementation of contextual teaching and learning in Civic Education (PKn) at SMP Al-Bakriyah as a strategy to enhance students’ conceptual understanding and active participation. A qualitative approach with a case study design was employed, involving Civic Education teachers and eighth-grade students. Data were collected through classroom observations, in-depth interviews, documentation such as lesson plans and photos of learning activities, as well as student questionnaires. The findings reveal that contextual teaching significantly improves students’ interest and engagement, particularly when the subject matter is linked to their social and cultural realities. Elements such as constructivism, inquiry, and questioning activities were proven to foster critical thinking skills and enable students to grasp civic concepts more meaningfully. Challenges identified include limited instructional time and varying levels of students’ ability to adapt to the approach. Nevertheless, these obstacles were mitigated by strong teacher commitment and full support from the school. This study contributes to the development of contextual and practical teaching strategies in Civic Education, particularly in religious-based school environments. Moreover, the findings provide an important basis for educational policy that integrates local values into civic education learning.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CIVICUS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Civicus merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram dengan e-ISSN 2614-509X dan p-ISSN 2338-9680. Adapun kajian publikasi jurnal Civicus yakni (1) Ilmu ...