Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 6, No 2 (2025)

Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menginterpretasi Grafik Titrasi Asam Basa di SMK SMAK Makassar dengan Menggunakan Instrumen Test of Graphing In Science

Al Haq, Panji Mujahid (Unknown)
Alimin, Alimin (Unknown)
Syahrir, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan yang dialami oleh peserta didik kelas XI SMK SMAK Makassar dalam menginterpretasi grafik titrasi asam dan basa. Subjek penelitian ini adalah kelas XI yang berjumlah 20 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan Test of Graphing in Science dan pedoman wawancara. Hasil tes dari peserta didik kemudian dianalisis dan dilakukan pengelompokan sesuai kategori yang telah ditentukan. Kategori atau kriteria ditentukan berdasarkan perolehan skor maksimum (tertinggi) dan skor minimum (terendah) yang dapat dicapai dari hasil jawaban TOGS, Kemudian dilakukan wawancara kepada peserta didik yang berada pada kategori rendah. Hasil yang diperoleh ditemukan 20 peserta didik mengalami kesulitan dalam menginterpretasi grafik titrasi asam basa dengan jumlah peserta didik yang berada pada kategori rendah sebanyak 2 orang dengan persentase 10%, kesulitan peserta didik dalam menginterpretasi grafik titrasi asam dan basa berada pada rentang sedikit sulit sampai sangat sulit dengan persentase 10% hingga 85%. Kesulitan peserta didik dalam menginterpretasi grafik titrasi asam dan basa terjadi pada semua indikator kecuali pada indikator mengidentifikasi kecenderungan yang ditampilkan dalam satu set data saat diberikan grafik titrasi asam dan basa serta situasi yang membutuhkan interpolasi dan / atau ekstrapolasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...