Pinisi Journal of Community Service
Volume 1, Nomor 2, 2024

Pengaruh Faktor Sosial, Ekonomi, dan Motivasi terhadap Keputusan Tidak Melanjutkan Pendidikan di Desa Tosora Kabupaten Wajo

Tajuddin, Fabian Maualana (Unknown)
Rotasauw, Roland (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Fenomena tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi masih menjadi permasalahan serius di berbagai daerah, termasuk di wilayah pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor sosial, ekonomi, dan motivasi terhadap keputusan tidak melanjutkan pendidikan di Desa Tosora, Kabupaten Wajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 responden lulusan SMA/SMK yang memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk menguji pengaruh simultan dan parsial dari ketiga variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor ekonomi berpengaruh signifikan terhadap keputusan tidak melanjutkan pendidikan, diikuti oleh faktor motivasi. Sementara itu, faktor sosial juga memiliki pengaruh, meskipun tidak sebesar dua faktor lainnya. Temuan ini menunjukkan bahwa hambatan ekonomi masih menjadi kendala utama, namun kurangnya motivasi dan dukungan lingkungan juga turut memperkuat keputusan tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya sinergi antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat dalam menciptakan dukungan sosial dan program pemberdayaan ekonomi yang dapat mendorong minat melanjutkan pendidikan di kalangan generasi muda Desa Tosora.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pjcs

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Library & Information Science Other

Description

Pinisi Journal of Community Service dengan ISSN: 3047-8553 (Online) merupakan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar menerima artikel hasil pengabdian kepada masyarakat (Multidisiplin) ...