Jurnal Keislaman
Vol. 8 No. 2 (2025): Jurnal Keislaman

Komparasi Hasil Belajar Materi Al-Kulliyatu Al-Khamsah : Quasi-Eksperimen Penerapan Model Jigsaw Dengan Point Counter Point di Kelas X SMAN 3 Sidoarjo

Rahman, Fathur (Unknown)
Retno Aqimnad Dinana (Unknown)
Bayu Wira Pratama (Unknown)
Iis Rodiyah Agustiningsih (Unknown)
Muhammad Aziz (Unknown)
Amrullah (Unknown)
Mila Mahmudah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis field reseach untuk membandingkan hasil belajar peserta didik pada materi Al-Kulliyatu Al-Khamsah menggunakan dua metode yang mengutamakan unsur active-learning, Jigsaw dan Point Counter Point pada kelas X SMAN 3 Sidoarjo. Penelitian ini menganalisis perbedaan signifikansi antara kedua model dalam meningkatkan pemahaman peserta didik melalui pedekatan kuantitatif komparatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya kedua model merupakan model pembelajaran yang efektif, sehingga peserta didik terpacu untuk aktif di dalam kelas. Akan tetapi, model pembelajaran Point Counter Point lebih unggul dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Sehingga terbentuk suasana belajar yang interaktif dan berdampak pada peningkatan hasil belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Keislaman is a peer-reviewed journal published twice a year (March and September). Jurnal Keislaman aims to facilitate and to disseminate innovative and creative ideas of researchers, academicians, and practitioners who concentrate on interdisciplinary Islamic issues ranging from Islamic ...