Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui; (1) Bagaimana kelayakan media pembelajaran berbantuan nearpod yang dikembangakn berdasarkan penilaian validator, (2) Bagaimana respon praktisi pembelajaran fisika dan peserta didik terhadap media pembelajaran berbantuan nearpod yang dikembangkan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas XI SMAN 12 Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berbantuan nearpod berdasarkan penilaian validator (ahli materi dan ahli media) diperoleh V (indeks kesepakatan 2 pakar) sebesar 1,00 ≥ 0,75, setelah di uji menggunakan uji Gregory, sehingga media pembelajaran interaktif berbantuan nearpod dapat disimpulkan bahwa layak dan siap untuk digunakan. Respon praktisi pembelajaran fisika diperoleh persentase sebesar 89,74% dengan kategori sangat layak, untuk respon peserta didik pada setiap pertemuan diperoleh 92% pada pertemuan I, 96% pada pertemuan II, dan 96% pada pertemuan III, dengan kecenderungan sangat setuju. Hasil uji reliabilitas menunjukkan peningkatan konsistensi pengisian angket peserta didik yaitu pertemuan I adalah 0,268, Pertemuan II adalah 0,318, dan pertemuan III adalah 0,380 termasuk dalam kategori relatif rendah.
Copyrights © 2025