JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 13 No 3 (2025): Vol 13 No 3 September 2025

PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN UNTUK MEMBENTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL

Shafira, Devita Dian (Unknown)
Kusuma, Wahyu Jati (Unknown)
Subiyanto, Subiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini mengangkat isu rendahnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam proses pembelajaran dan pentingnya pemanfaatan teknologi, khususnya Artificial Intelligence (AI), sebagai sumber belajar alternatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan AI sebagai sumber pembelajaran, kemampuan berpikir kritis mahasiswa, serta peran AI dalam membentuk kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara terhadap tujuh mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memanfaatkan AI sebagai media belajar yang cepat, fleksibel, dan mudah diakses. Kemampuan berpikir kritis mahasiswa tercermin dari kemampuan mereka dalam menganalisis, mengevaluasi, serta menyimpulkan informasi dari AI. Selain itu, AI juga mendorong terbentuknya sikap belajar mandiri, reflektif, dan logis sehingga mendukung peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...