Penelitian ini mengangkat isu rendahnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam proses pembelajaran dan pentingnya pemanfaatan teknologi, khususnya Artificial Intelligence (AI), sebagai sumber belajar alternatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan AI sebagai sumber pembelajaran, kemampuan berpikir kritis mahasiswa, serta peran AI dalam membentuk kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara terhadap tujuh mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memanfaatkan AI sebagai media belajar yang cepat, fleksibel, dan mudah diakses. Kemampuan berpikir kritis mahasiswa tercermin dari kemampuan mereka dalam menganalisis, mengevaluasi, serta menyimpulkan informasi dari AI. Selain itu, AI juga mendorong terbentuknya sikap belajar mandiri, reflektif, dan logis sehingga mendukung peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025