Analisis peran media pembelajaran berbasis teknologi dalam kegiatan pembelajaran untuk generasi alpha merupakan tujuan penelitian ini karena kondisi pendidik saat ini mengalami kesulitan dalam membelajarkan pelajar generasi alpha. Permasalahan yang ditemukan masih sangat beragam, namun pada hakekatnya tidak ada ruang bagi para pendidik untuk berdalih dan tidak memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang menganalisis media pembelajaran berbasis teknologi dalam kegiatan pembelajaran untuk generasi alpha. Proses analisis dilakukan dengan menggunakan berbagai sumber literatur dan sumber elektronik terpercaya yang dapat mendukung analisis. Hasil penelitian ini menemukan bahwa media pembelajaran berbasis teknologi dapat menyeragamkan persepsi belajar peserta didik, memfasilitasi interaksi pendidik dan peserta didik, memperlancar proses pembelajaran, serta menjawab tantangan yang era digital. Para pendidik harus mampu meningkatkan literasi teknologi dengan meninggalkan budaya yang selalu beralasan yaitu “tidak ada waktu untuk belajar”. Dengan menemukan jawaban atas analisis ini, kesenjangan antara pendidik dan pelajar generasi alpha dapat teratasi dengan baik.
Copyrights © 2025