Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 2 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini (In Press)

Penerapan Metode Eksperimen Sederhana Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Anak Usia Dini Pada Kelompok A

Widiastuti, Euis (Unknown)
Yuntina, Lily (Unknown)
Hatiningsih, Nuligar (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rasa ingin tahu  anak kelompok A di TK Sahabat Bekasi. Beberapa penyebabnya antara lain: teacher center, kurangnya stimulus dan kepercayaan diri rendah. Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan rasa ingn tahu anak melalui penerapan metode eksperimen sederhana. Subjek penelitian terdiri dari 4 laki-laki dan 6 perempuan. Pendekatan yang digunakan adalah study kasus kualitatif. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen berdampak positif untuk meningkatkan rasa ingin tahu anak dengan capaian perkembangan 8 anak Berkembang Sangat Baik dan 2 anak Berkembang Sesuai Harapan. Anak menjadi lebih aktif bertanya, fokus dalam pembelajaran, eksploratif, serta aktif berdiskusi dengan teman. Dengan demikian, penerapan metode eksperimen sederhana dapat dijadikan metode pembelajaran yang menyenangkan dan membangun kemampuan kognitif, motorik dan bahasa anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...