P2M STKIP Siliwangi
Vol 3, No 1 (2016): Volume 3, No. 1 Mei 2016

ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PMRI PADA SEKOLAH DASAR DI KOTA BANDUNG

Nelly Fitriani (STKIP Siliwangi)
Anik Yuliani (STKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
31 May 2016

Abstract

PMR merupakan sebuah proyek pendidikan matematika di Belanda yang dimulai pada tahun 1970, saat itu Sekolah Dasar di Belanda terfokus kepada kemampuan Berhitung. Berhitung itu bersifat mekanistik, tidak memiliki matematisasi horizontal maupun matematisasi vertikal. Sedangkan PMR memiliki kedua-duanya atau bersifat realistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah apakah pembelajaran PMRI yang diterapkan di SD Percontohan sudah sesuai dengan karakteristik PMRI. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan populasi seluruh SD/MI di kota bandung dan sampelnya diambil 3 sekolah percontohan yang telah menerapkan PMRI selama 10 tahun pada level kelas V. Instrumen yang digunakan yaitu berupa Lembar Observasi. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini yaitu bahwa pembelajaran PMRI yang diterapkan di SD Percontohan sudah sesuai dengan karakteristik PMRI.Kata kunci: Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia

Copyrights © 2016