Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 2 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI MATEMATIKA

Tagan, Nurhidayah Putri Madina (Unknown)
Karmila, Karmila (Unknown)
Basir, Fahrul (Unknown)
Pawenang, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Lamasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lamasi. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penentuan satuan eksperimen dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan literasi dan numerasi matematika siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, dan respon siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan One sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kemampuan literasi dan numerasi matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Lamasi sebelum diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi sebagian besar berada pada level PIK (Perlu Intervensi Khusus), sedangkan kemampuan literasi dan numerasi matematika siswa sesudah diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi berada pada level Cakap. 2) Keterlaksanaan pembelajaran siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Lamasi selama diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi berada pada kriteria sangat baik. 3) Aktivitas belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Lamasi selama diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi berada pada kategori aktif. 4) Respon siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Lamasi setelah diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi berada pada kategori sangat baik. 5) Terdapat peningkatan kemampuan literasi dan numerasi matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Lamasi setelah diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi dan berada pada kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Lamasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...