Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 3 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA RODA PINTAR TRIGONOMETRI TERHADAP PRESTASI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Darmawan, Awan (Unknown)
Nugraha, Yandika (Unknown)
Arvy, Bq. Rovina (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media roda pintar trigonometri terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari gaya belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian terdiri atas 40 siswa SMA Islam Abhariyah yang dikelompokkan berdasarkan gaya belajar auditori, visual, dan kinestetik. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar pada materi trigonometri. Analisis data menggunakan uji normalitas, dan One Way ANOVA. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal, sehingga memenuhi syarat untuk dilakukan analisis parametrik. Hasil analisis One Way ANOVA menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa ditinjau dari gaya belajar dengan nilai signifikansi < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media roda pintar trigonometri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa, serta dipengaruhi oleh perbedaan gaya belajar yang dimiliki siswa. Ditinjau dari gaya belajar, kelompok visual memperoleh peningkatan prestasi paling tinggi, disusul kelompok auditori dan kinestetik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...