Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris
Vol. 13 No. 2 (2025): August

The Influence of Augmented Reality Technology and Podcasts on Students' Motivation and Vocabulary Mastery in English Learning

Hersulastuti, Hersulastuti (Unknown)
Haryono, Purwo (Unknown)
Setiyadi, D. B. Putut (Unknown)
Anisa, Ike (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Minim metode pembelajaran kosakata bahasa Inggris yang adaptif terhadap perkembangan teknologi. Urgensi penelitian untuk motivasi dan keterampilan siswa secara interaktif. Tujuan penelitian untuk menganalisis efektivitas penggunaan augmented reality dan podcast dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris. Pendekatan penelitian dengan mixed method. Sampel penelitian berjumlah 345 orang siswa dari 5 sekolah di kota Solo. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner online, observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik dengan bantuan SPSS Versi 29.0. Hasil, ditemukan bahwa penggunaan augmented reality dan podcast memudahkan akses materi kosa kata dalam pembelajaran secara mandiri, meningkatkan keterampilan mendengarkan, serta menumbuhkan motivasi dan partisipasi aktif siswa dalam belajar kosa kata bahasa inggris. Temuan juga menunjukkan media ini membantu pemahaman konteks budaya dalam kosa kata bahasa Inggris. Namun, terdapat kesulitan dalam teknis dan perbedaan tingkat pemahaman siswa sehingga memerlukan pendampingan guru dan fasilitas yang memadai. Kesimpulan, teknologi kombinasi AR dan podcast dapat menjadi strategi inovatif dalam pembelajaran kosa kata bahasa Inggris. Implikasi, pendidikan perlu mengintegrasikan media ini dalam kurikulum agar pembelajaran lebih relevan dan efektif untuk pengembangan kompetensi siswa.

Copyrights © 2025