Siswa baru di SMP dituntut memiliki penyesuaian diri yang baik di lingkungan baru. Pentingnya penyesuaian diri berkaitan dengan terciptanya kesimbangan antara diri dengan berbagai tuntutan yang ada pada lingkungan baru. Kemampuan penyesuaian diri dipengaruhi oleh asertivitas, dukungan sosial, culture shock, strategi coping, efikasi diri akademik, motivasi, kepribadian, harga diri, dan konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII semester pertama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester pertama di SMA X Jakarta. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah sebanyak 311 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Peneliti melakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji beda item sebelum skala konsep diri dan penyesuaian diri digunakan untuk mengambil data penelitian. Analisis data penelitian yang digunakan oleh peneliti, yakni, Pertama uji asumsi yang terdiri dari dua jenis, yakni uji normalitas dengan menggunakan teknik kolmogorov-smirnov dan uji linearitas dengan teknik deviation from linearity. Kedua adalah uji hipotesis dengan melakukan uji korelasi product moment. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS versi 25 for windows.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024