Penelitian ini bertujuan merancang sistem berbasis web dengan implementasi Customer Relationship Management (CRM) menggunakan model IDIC (Identify, Differentiate, Interact, Customize). Sistem ini menyediakan fitur-fitur seperti pencatatan data pelanggan, manajemen transaksi, pelacakan status cucian, pengiriman notifikasi otomatis, serta laporan keuangan dan kinerja usaha. Dengan adanya platform berbasis web ini, pemilik usaha dapat mengelola aktivitas bisnis secara terpusat dan real-time, sementara pelanggan dapat memperoleh informasi layanan secara lebih transparan dan cepat, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, mendapatkan pelanggan baru, mempertahankan pelanggan yang ada, dan meningkatkan loyalitas pelanggan laundry. Sistem ini dibangun dengan framework CodeIgniter 3 dan menggunakan bahasa pemrograman PHP, CSS, dan JavaScript, serta database MySQL dan webserver Apache. Hasil pengujian black-box testing menunjukkan 58 fungsi hasilnya valid artinya sistem beroperasi sesuai rancangan yang ditetapkan dengan hasil 93.5%. Berdasarkan hasil pengujian User Acceptance Testing (UAT) yang diperoleh menunjukkan 85,1% pengguna setuju dengan website CRM Omcis laundry. Maka dapat disimpulkan bahwa sistem ini layak digunakan.
Copyrights © 2025