Majalah Pembelajaran Geografi
Vol. 8 No. 2 (2025): MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI

Pengaruh Model Creative Outdoor Learning (COL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA

Rakhmawati Oktasenta Syafira (Unknown)
Sri Astutik (Unknown)
Muhammad Asyroful Mujib (Unknown)
Fahmi Arif Kurnianto (Unknown)
Ana Susiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2025

Abstract

Model pembelajaran konvensional terbukti masih belum maksimal sehingga dibutuhkan solusi menggunakan model Creative Outdoor Learning (COL). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh signifikan dari model Creative Outdoor Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMA. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan posttest only control group design. Hasil rata-rata posttest kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperimen menunjukkan hasil yang lebih tinggi (74,92) daripada kelas kontrol (56,31) dengan indikator paling tinggi adalah fluency. Hal ini dipengaruhi adanya interaksi antar anggota kelompok dalam menjawab pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Creative Outdoor Learning (COL) terhadap kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan diketahui nilai independent sample t-tes <0,05 yakni sebesar 0,000 sementara kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PGEO

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science

Description

Majalah Pembelajaran Geografi (E-ISSN : 2622-125X) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan artikel-artikel pada bidang : (1) Pendidikan Geografi, (2) Ilmu Geografi (3) Sistem Informasi Geografis, dan (4) Penginderaan ...