CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 4 No 3 (2025): Edisi Agustus

PENGARUH MODEL PEMBELAJARANKOOPRATIF TIPE STAD (SETUDENTSTEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS III DI SD NEGERI CERMEE 1BONDOWOSO 2024-2025

Rofek, Aenor (Unknown)
Firdaus, Muhammad Jannah (Unknown)
Yulianto, Dodik Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2025

Abstract

:Penelitian yang berjudul Pengaruh Pengaruh model pembelajaran Koopratif tipe stad (setudents Teams achievement divisions) terhadap Hasil belajar siswa mata pelajaran ipas Kelas iii di sd negeri cermee 1 bondowoso Tahun 2024/2025 yang dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa ikelas III pada mata belajaran pelajaran ipas Kelas III di SD negeri cermee 1 bondowoso. Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Koopratif tipe STAD (setudents Teams achievement divisions) terhadap Hasil belajar siswa mata pelajaran ipas Kelas III di SD Negeri Cermee 1 Bondowoso Tahun 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas control dan kelas eksperimen.Berdasarkan uji validitas terhadap 25 butir kuesioner menggunakan korelasi pearson, diperoleh bahwa semua item menunjukkan nilai r-hitung lebih besar dari r tabel (0,4227)yang menunjukkan bahwa semua item dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai instrument penelitian. Selanjutnya peneliti menggunakan uji normalitas. Hasil uji normalitas Didapatkan nilaisignifikansi > 0,05 Maka hasil uji normalitas dapat disimpulkan bahwa data mengikuti distribusi normal. Kemudian, peneliti juga melaksanakan uji homogenitas, dan didapatkan nilai signifikansi 0,912 yang lebih besar dari 0,05, sehingga data tersebut dinyatakan homogen. Pada tahap selanjutnya, peneliti melakukan pengujian hipotesis dan menemukan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000.< 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pemelajaran koopratif tipe STAD (setudents Teams achievement divisions), mata pelajaran IPS kelas III SDN Carmee1 tahun pelajaran 2024-2025.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...