Persaingan bisnis yang kian ketat menuntut perusahaan untuk mengelola Manajemen Rantai Pasokan (MRP) secara efektif guna mencapai efisiensi operasional dan respons pasar yang superior. Meskipun MRP diyakini sebagai sumber Keunggulan Kompetitif, masih terdapat kebutuhan untuk menguji secara empiris peran spesifik dari keunggulan tersebut dalam mentranslasikan praktik MRP menjadi Kinerja Perusahaan yang lebih tinggi di berbagai konteks industri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis secara mendalam model mediasi di mana Keunggulan Kompetitif berperan vital dalam menjembatani pengaruh praktik MRP terhadap peningkatan Kinerja Perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 30. Pengumpulan data menggunakan lembar angket, sedangkan strategi analisis menggunakan Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pengaruh langsung X terhadap Z adalah 0,204, dan pengaruh tidak langsung X terhadap Y melalui Z adalah 0,649 yang berarti bahwa pengaruh langsung lebih kecil dibandingkan dengan pengaruh tidak langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa X melalui Z memiliki pengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap Y.
Copyrights © 2025