Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah rendahnya literasi di Indonesia. Kurang efektifnya pengajaran dan kurangnya antusias anak untuk belajar literasi menunjukkan masalah dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode shared book reading terhadap emergen literasi anak. Pendekatan kuantitatif berdasarkan desain kuasi-eksperimental digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian yaitu seluruh anak TK Negeri Pembina Padang Pariaman. Sampel penelitian sebanyak 32 anak dari kelas B1 dan B4. Observasi, tes perbuatan, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Normalitas, homogenitas, dan pengujian hipotesis adalah beberapa uji statistik yang digunakan dalam analisis data. Temuan analisis data dikumpulkan sebelum uji-t dilakukan. Dari hasil temuan uji-t tingkat signifikansi (2-tailed) adalah 0,008 < 0,05. Temuan penelitian Ha diterima sementara H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode shared book reading lebih berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan emergen literasi anak yang sedang berkembang. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan kemampuan emergen literasi anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025