MILANG Journal of Mathematics and Its Applications
Vol. 10 No. 1 (2011): Journal of Mathematics and Its Applications

OPTIMASI HEADWAY DAN KECEPATAN BUS: STUDI KASUS PENGOPERASIAN TRANSJAKARTA KORIDOR 1

SURYANI, L. (Unknown)
AMAN, A. (Unknown)
SUPRIYO, P. T. (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2011

Abstract

Bus Rapid Transit (BRT) merupakan salah satu solusi masalah transportasi di daerah urban dengan sistem transportasi massal yang canggih dan terjadwal dengan baik. Sistem transportasi massal tersebut menggunakan bus dengan infrastruktur jalan yang khusus. Tulisan ini memberikan model optimasi untuk menentukan headway dan kecepatan bus yang optimal guna meningkatkan pelayanan kualitas pengoperasian bus. Secara spesifik, fungsi tujuan pada model optimasi yang dibangun adalah meminimumkan rata-rata waktu tunggu penumpang. Model optimasi tersebut merupakan suatu model linear programming. Hasil numerik untuk kasus pengoperasian Transjakarta koridor 1 menunjukkan bahwa headway yang diperkecil dan kecepatan yang diperbesar akan mengurangi nilai rata-rata waktu tunggu penumpang. Selain itu juga, headway yang diperbesar dan kecepatan yang diperkecil menyebabkan terjadinya peningkatan penumpang yang menunggu pada beberapa shelter.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

jmap

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MILANG Journal of Mathematics and Its Applications, originally established in 2002 as the Journal of Mathematics and Its Applications (ISSN 1412-677X), transitioned to online publishing in 2018 and was renamed in 2022 to reflect its broadened scope. The name MILANG, a Sundanese word meaning “to ...