Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi
Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi

PERANCANGAN APLIKASI ANDROID E-LEARN ARMETA DENGAN PENDEKATAN MEODE WATERFALL

medikano, alsen (Unknown)
sumartono, Ricky Pramudita (Unknown)
Agustina, Teni Agustina (Unknown)
Aisyah, Nurul Aisyah (Unknown)
Wirawan, Rio (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Pada era pandemi COVID - 19 (Coronavirus Disease - 19) seluruh lembaga pendidikan mematuhi ketentuan pemerintah untuk meniadakan pembelajaran tatap muka secara langsung begitu pula pada jenjang pendidikan sekolah dasar, segala aktivitas pembelajaran diubah secara masif menjadi pembelajaran jarak jauh berbasis daring. Pada penerapan pembelajaran daring dalam mata pelajaran bahasa inggris ini masih sangat pasif mengingat bahwa kebutuhan belajar bahasa inggris ini meliputi berdialog (speaking), menulis (writing), membaca (reading) serta mendengar (listening). Atas dasar permasalahan pembelajaran daring mata pelajaran bahasa inggris untuk siswa sekolah dasar, maka dilakukan penelitian untuk menjawab persoalan yang terdapat saat ini, dengan merancang dan membangun aplikasi pembelajaran bahasa inggris yang interaktif sehingga memberikan semangat kepada siswa untuk melakukan proses pembelajaran bahasa inggris.Perancangan aplikasi pembelajaran berbasis android dibuat dengan menggunakan metode waterfall karena metode ini melalui tahapan dan juga urutan sehingga memberikan proses perancangan aplikasi dengan sistematis, seperti layaknya sebuah air terjun yang mengalir dari atas sampai bawah dimana menunjukan titik awal perancangan yang dimulai dari requirement (analisis kebutuhan) dimana untuk menganalisis kebutuhan dari sistem yang akan dibuat, design (desain) guna menggambarkan sistem yang akan dibuat, implementation (implementasi) untuk merancang aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman, verification (verifikasi) guna melakukan tes kelancaran dari aplikasi tersebut, maintenance (pemeliharaan) untuk menjaga sistem di kemudian hari apabila terdapat kesalahan sistem. Pada aplikasi pembelajaran bahasa inggris dibutuhkan materi yang dapat melatih secara bacaan yaitu berupa hafalan kosa kata lalu terdapat pembelajaran untuk melatih pendengaran bahasa inggris dengan pembelajaran video serta terdapat kuis untuk mengukur kemampuan siswa dari hasil pembelajaran yang telah dilakukan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jsia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Audit IS/IT Big Data Research Business Intellegence Data Mining Decision Support System E- System E-Business/E-commerce E-Government E-Health E-learning Enterprise System Expert System Geographical Information System Green Information Systems Human-Computer Interaction Information Assurance & ...