cover
Contact Name
Zatin Niqotaini
Contact Email
zatinniqotaini@upnvj.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
zatinniqotaini@upnvj.ac.id
Editorial Address
l. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, South Jakarta, Indonesia 12450
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi
ISSN : -     EISSN : 30259347     DOI : 10.52958/jsia.v3i1.9743
Core Subject : Science,
Audit IS/IT Big Data Research Business Intellegence Data Mining Decision Support System E- System E-Business/E-commerce E-Government E-Health E-learning Enterprise System Expert System Geographical Information System Green Information Systems Human-Computer Interaction Information Assurance & Intelligent Information Management Information System Information Security & Risk Management Innovation Management/Technopreneurship IS/IT Operations Management IS/IT Organization & Human Resource Management IS/IT Strategic Planning IT Governance IT Investment Analysis IT Project Management Mobile Computing Multimedia Application New Technology Acceptance and Diffusion Retrieval Social Media in Business Web Science
Articles 24 Documents
ANALISIS USER EXPERIENCE DAN REDESIGN ANTARMUKA WEBSITE ELSAM DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) Maheswari, Alifia Laksita; Krisnanik, Krisnanik
Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi (JSIA) Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52958/jsia.v1i1.5888

Abstract

ELSAM ialah suatu lembaga yang bergerak pada bidang pendidikan Hak Asasi Manusia (HAM). Dalam websitenya, ELSAM memiliki peranan utama sebagai wadah bagi masyarakat indonesia untuk mengetahui ilmu serta mengawal isu HAM yang ada, pada website ini masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi publikasi terkait riset atau kajian HAM. Suatu website dapat dikatakan baik tidak hanya dari sisi bagaimana tampilan yang ditunjukkan, tetapi bagaimana sebuah website dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi pengguna. Pengguna akan mengakses kembali suatu website apabila website tersebut sudah memenuhi ekspektasi yang diharapkan, dan sampai saat ini belum pernah dilakukan analisis untuk website ELSAM. Maka dari itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui penilaian pengguna terhadap user experience website ELSAM. Dalam penelitian ini menggunakan metode User Centered Design (UCD) dengan bantuan User Experience Questionnaire (UEQ) sebagai tools pengukuran user experience. Luaran dari penelitian ini berupa saran tampilan antarmuka baru berbentuk prototype yang dapat dijadikan acuan ELSAM dalam mengembangkan websitenya.
Penerapan Metode Design Thinking pada Perancangan User Interface Aplikasi PPSU DKI Jakarta Berbasis Mobile Trinovianti, Veronika; Zaidiah, Ati
Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi (JSIA) Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52958/jsia.v1i1.5907

Abstract

PPSU DKI Jakarta adalah sebuah unit kerja yang menangani jalan, saluran, taman dan kebersihan di tingkat kelurahan. Kelurahan Bambu Apus memiliki 79 anggota PPSU yang aktif bekerja di bawah koordinasi Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan. Setiap petugas perlu mengumpulkan laporan kinerja harian di akhir waktu kerja melalui google form yang belum terkategorisasi dan belum memiliki standar khusus sehingga menimbulkan permasalahan saat pembentukan laporan lanjutan yang diperlukan untuk dikirimkan ke tingkat kecamatan dan kota. Pada penelitian ini dirancangkan user interface dengan metode design thinking untuk aplikasi berbasis mobile yang memiliki empat fitur utama yang dirancang berdasarkan kebutuhan pengguna. Metode design thinking diterapkan sebagai kerangka berpikir pada penelitian ini dan diimplementasikan dari awal pengumpulan data hingga penarikan kesimpulan sehingga user interface yang dirancangkan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Adapun rancangan user interface hasil penelitian ini telah diujikan dengan metode usability testing yang mendapat hasil penyelesaian fitur utama pelaporan selama 77.4 detik dan pengukuran penilaiannya dengan kuesioner System Usability Scale (SUS) yang memperoleh nilai 79.46 dengan kategori acceptable
Sistem Informasi Kerja Praktik Berbasis Website Untuk Optimasi Program Kerja Praktik Pada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Albert, Albert; ., Ermatita
Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi (JSIA) Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52958/jsia.v1i1.5909

Abstract

Di era modern Revolusi Industri 4.0 saat ini, hampir semua aktivitas kehidupan manusia tidak terlepas dari teknologi informasi seperti berbagai aktivitas organisasi, perusahaan, serta berbagai lembaga telah menggunakan teknologi informasi. Penerapan perkembangan teknologi ini menjadi sebuah peluang bagi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dalam melakukan optimasi pada program kerja praktik lapangan melalui sebuah website. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi kerja praktik berbasis website yang dapat mengefisiensikan dokumentasi kerja praktik seperti kegiatan kerja praktik, laporan kegiatan, serta pemberian e-sertifikat dalam sebuah website. Sehingga memberikan kemudahan baik bagi mahasiswa maupun pegawai dalam program kerja praktik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Waterfall yang lebih umum dikenal dengan Classic Life Cycle. Diharapkan website ini dapat membantu peserta dalam melakukan kegiatan kerja praktik dengan menggunakan fitur yang tersedia pada website ini
PERANCANGAN E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE PADA UMKM “BUNCH OF GIFTS” Sipahutar, Nathanael Boan Tua; Wirawan, Rio
Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi (JSIA) Vol 2 No 1 (2024): Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52958/jsia.v1i1.5911

Abstract

UMKM “Bunch of Gifts” merupakan sebuah UMKM yang terletak di Jakarta Selatan yang menjual produk kerajinan tangan. UMKM ini belum memanfaatkan teknologi informasi dalam proses bisnisnya, dimana proses penjualan masih dilakukan secara konvensional dan metode promosi yang dilakukan masih sebatas brosur. Tercatat dalam laporan penjualan terjadi penurunan tingkat penjualan sebesar 25,7% dari total omset pada bulan juni 2019 dengan bulan juni 2021. Selain itu, pihak UMKM merasa kesulitan dalam mendata transaksi penjualan karena masih dilakukan secara manual. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode waterfall dengan codeigniter sebagai kerangka pengembangan aplikasi yang didukung MySQL database. Penulis menggunakan metode waterfall dikarenakan bersifat sistematis dan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya masalah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah e-commerce berbasis website untuk memperluas jangkauan pemasaran UMKM dan mendigitalisasikan proses bisnis yang ada. Dari hasil penelitian diketahui bahwa perancangan e-commerce memberi kemudahan akses informasi produk kepada pelanggan, memperluas pangsa pasar dan mempermudah pencatatan transaksi penjualan
RANCANG BANGUN APLIKASI PENDAFTARAN SISWA BARU BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL (STUDI KASUS: TK ISLAM AT TAQWA JAKARTA) Azzahrah, Fathiah; Nurramdhani Irmanda, Helena
Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi (JSIA) Vol 2 No 1 (2024): Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52958/jsia.v2i1.6283

Abstract

Perkembangan zaman pada saat ini telah membawa manusia masuk ke era digital yang banyak mempermudah manusia dalam menyelesaikan pekerjaan di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Program-program digitalisasi saat ini menjadi sebuah kebutuhan yang harus mulai diaplikasikan demi mencapai kemudahan dan peningkatan efektivitas pada instansi, termasuk untuk proses pendaftaran siswa baru. Proses pendaftaran yang masih dilakukan secara manual menimbulkan beberapa kendala seperti penyebaran informasi yang terbatas menggunakan brosur, serta proses yang memakan waktu untuk pengisian formulir. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pendaftaran siswa baru berbasis website untuk memudahkan dan mengurangi masalah yang mungkin timbul pada proses sebelumnya. Aplikasi pendaftaran berisi proses pendaftaran, mulai dari memberikan informasi, pengisian formulir pendaftaran, melihat status pendaftaran, pengelolaan data dan pelaporan hasil pendaftaran. Perancangan aplikasi pendaftaran ini menggunakan metode Waterfall. Pemodelan menggunakan UML, pengujian aplikasi menggunakan metode Black Box. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML, CSS, dan PHP dengan My SQL sebagai databasenya. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi pendaftaran siswa baru berbasis website yang dapat mempermudah proses pendaftaran, pemberian informasi, dan pengelolaan data hingga pelaporan.
PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE WEBSITE SMPN 1 SAMBIT PONOROGO MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN Agastya, Denny Surya; Farida, Lilis Dwi
Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi (JSIA) Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52958/jsia.v1i1.6444

Abstract

Peranan teknologi informasi khususnya dalam dunia Pendidikan kian hari semakin berkembang. Di era globalisasi seperti sekarang ini, pemanfaatan teknologi informasi menjadi hal yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan baik dari segi pelayanan maupun pembelajaran. Namun, manfat dari kemajuan teknologi yang ada ternyata tidak sepenuhnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Seperti halnya pada SMPN 1 Sambit Ponorogo, kurangnya pengetahuan pihak sekolah terkait pemanfaatan teknologi informasi membuat segala bentuk aktifitas pembelajaran dan pelayanan pendidikan sampai saat ini masih dilakukan secara manual. Selain membuat kualitas pembelajaran tidak bisa sepenuhnya dioptimalkan, permasalahan seperti ini juga menyulitkan orangtua siswa dalam mendapatkan informasi terkait informasi sekolah serta perkembangan belajar anak. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka peneliti melalui penelitian ini bermaksud untuk merancang desain antar muka website akademik sekolah yang nantinya dapat dikembangkan lebih lanjut oleh pihak SMPN 1 Sambit Ponorogo sebagai salah satu sarana pendukung belajar mengajar sekaligus sebagai media bagi para orangtua siswa untuk dapat mengontrol perkembangan belajar anak serta memudahkan dalam mendapatkan informasi seputar sekolah. Dengan memperhitungkan pengguna aplikasi yang merupakan para orang tua, guru, serta siswa, maka perancangan desain antar muka website SMPN 1 Sambit Ponorogo nantinya haruslah memiliki desain User interface yang familiar dan mudah digunakan sehingga perancangan User interface aplikasi ini nantinya akan menggunakan Metode User Centered Design (UCD) yang menempatkan pengguna website sebagai pertimbangan utama dalam proses perancangan.
SISTEM BASIS DATA PERPUSTAKAAN Dwi Lestari, Rizky; Tryadriani, Rasqia Nurzulia; Dominica, Alviona Terry; ., ermatita
Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi (JSIA) Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52958/jsia.v1i1.6449

Abstract

Sistem Basis Data Perpustakaan adalah sebuah sistem informasi yang dirancang untuk mengelola dan menyimpan informasi mengenai koleksi buku, data peminjaman, anggota perpustakaan, dan informasi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem basis data perpustakaan menggunakan XAMPP. Metodologi penelitian melibatkan identifikasi kebutuhan dan tujuan sistem informasi perpustakaan, analisis dan perancangan basis data, penentuan skema basis data, implementasi basis data, pengujian dan validasi, serta evaluasi dan pemeliharaan. Dalam perancangan basis data, entitas-entitas seperti peminjaman, buku, peminjam, dan lain-lain diidentifikasi dengan atribut- atribut yang relevan. Skema basis data ditentukan dengan menentukan tipe data, kunci primer, kunci asing, dan indeks yang diperlukan. Implementasi basis data melibatkan pembuatan tabel-tabel dan pengaturan relasi antar tabel. Pengujian dan validasi dilakukan untuk memastikan kinerja dan kesesuaian basis data dengan kebutuhan sistem. Evaluasi dan pemeliharaan dilakukan secara berkala untuk menjaga integritas basis data. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengelolaan informasi perpustakaan melalui penggunaan sistem basis data. Diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu perpustakaan dalam meningkatkan efisiensi operasional, pelayanan kepada pengguna, dan akses terhadap informasi yang relevan
PERANCANGAN APLIKASI ANDROID E-LEARN ARMETA DENGAN PENDEKATAN MEODE WATERFALL medikano, alsen; sumartono, Ricky Pramudita; Agustina, Teni Agustina; Aisyah, Nurul Aisyah; Wirawan, Rio
Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi (JSIA) Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52958/jsia.v1i1.6450

Abstract

Pada era pandemi COVID - 19 (Coronavirus Disease - 19) seluruh lembaga pendidikan mematuhi ketentuan pemerintah untuk meniadakan pembelajaran tatap muka secara langsung begitu pula pada jenjang pendidikan sekolah dasar, segala aktivitas pembelajaran diubah secara masif menjadi pembelajaran jarak jauh berbasis daring. Pada penerapan pembelajaran daring dalam mata pelajaran bahasa inggris ini masih sangat pasif mengingat bahwa kebutuhan belajar bahasa inggris ini meliputi berdialog (speaking), menulis (writing), membaca (reading) serta mendengar (listening). Atas dasar permasalahan pembelajaran daring mata pelajaran bahasa inggris untuk siswa sekolah dasar, maka dilakukan penelitian untuk menjawab persoalan yang terdapat saat ini, dengan merancang dan membangun aplikasi pembelajaran bahasa inggris yang interaktif sehingga memberikan semangat kepada siswa untuk melakukan proses pembelajaran bahasa inggris.Perancangan aplikasi pembelajaran berbasis android dibuat dengan menggunakan metode waterfall karena metode ini melalui tahapan dan juga urutan sehingga memberikan proses perancangan aplikasi dengan sistematis, seperti layaknya sebuah air terjun yang mengalir dari atas sampai bawah dimana menunjukan titik awal perancangan yang dimulai dari requirement (analisis kebutuhan) dimana untuk menganalisis kebutuhan dari sistem yang akan dibuat, design (desain) guna menggambarkan sistem yang akan dibuat, implementation (implementasi) untuk merancang aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman, verification (verifikasi) guna melakukan tes kelancaran dari aplikasi tersebut, maintenance (pemeliharaan) untuk menjaga sistem di kemudian hari apabila terdapat kesalahan sistem. Pada aplikasi pembelajaran bahasa inggris dibutuhkan materi yang dapat melatih secara bacaan yaitu berupa hafalan kosa kata lalu terdapat pembelajaran untuk melatih pendengaran bahasa inggris dengan pembelajaran video serta terdapat kuis untuk mengukur kemampuan siswa dari hasil pembelajaran yang telah dilakukan
PERANCANGAN APLIKASI PERSEDIAAN BAHAN BAKU MIE AYAM BERBASIS ANDROID APPSHEET PADA UD ANAM SEJAHTERA medikano, alsen; Rachmawati, Susan; Yuniasih, Idah; khafanofa, widya; Irmanda, Helena Nurramdhani
Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi (JSIA) Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52958/jsia.v1i1.6451

Abstract

Persediaan bahan baku secara umum adalah stok pada bahan baku di suatu industri baik industri besar ataupun kecil. Persediaan bahan baku ini diantara lain mencakup bahan baku masuk, bahan baku keluar, maupun stok bahan baku. Oleh karena itu, pembuatan aplikasi persediaan bahan baku berbasis android Appsheet sangatlah penting karena untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh manusia dalam melakukan pencatatan bahan baku. Perancangan aplikasi persediaan bahan baku ini dimana penelitian ini menggunakan aplikasi Appsheet dan terhubung dengan lembar kerja. Aplikasi ini tentunya menggunakan metode Bahasa Pemodelan Terpadu (UML) untuk menentukan, memvisualisasikan, membangun, dan mendokumentasikan suatu sistem informasi. Penjelasan UML ini mencakup diagram aktvitas, diagram Urutan, dan diagram hubungan entitas. Apabila aplikasi ini telah dibuat, kemudian aplikasi ini akan melalui tahap pengujian. Dimana pada tahap pengujian ini menggunakan kotak hitam untuk mengetahui apakah aplikas tersebut berjalan dengan yang seharusnya.
Penerapan Metode Topsis Untuk Pemilihan Bahan Jeans Terbaik di Toko Biqinjeans.fam: Penerapan Metode Topsis Untuk Pemilihan Bahan Jeans Terbaik di Toko Biqinjeans.fam Fahreza, Alifa Az Zahra; Rizky, Firrahmi
Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi (JSIA) Vol 2 No 1 (2024): Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52958/jsia.v2i1.7321

Abstract

Kain merupakan bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan pakaian. Sama halnya dengan membuat pakaian dari berbagai macam bahan jeans. Dalam proses pembuatannya untuk memilih bahan dengan kualitas yang baik tentunya membutuhkan bahan dasar yang baik pula sehingga saat produk dipakai memberikan kenyamanan bagi pemakainya. BiqinJeans.fam merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang konveksi yang memproduksi berbagai macam pakaian yang berbahan jeans berupa jaket, celana, rok maupun kemeja. Dalam kasus ini, BiqinJeans.fam memiliki permasalahan dalam menentukan pemilihan bahan dasar jeans sesuai permintaan konsumen yang meminta kualitas terbaik tanpa mengerti ataupun memahami pengetahuan terkait bahan jeans yang kemudian akan diolah menjadi pakaian yang nyaman untuk digunakan oleh mereka. Dalam penelitian ini, untuk menentukan keputusan dalam memilih bahan berkualitas baik maka digunakan metode Technique for Order preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Diharapkan, dengan adanya metode yang digunakan saat ini dapat membantu konsumen dalam memilih jenis bahan jeans yang akan diolah dan digunakan dengan cepat dan baik tanpa adanya keraguan dalam memilihnya.

Page 1 of 3 | Total Record : 24