Perubahan dunia pendidikan menjadi penting mengingat sistem pendidikan yang sedang berlangsungmembentuk generasi muda, termasuk kemajuan industri salon yang harus diimbangi dengan mutu potensimanusia. Mutu potensi tersebut mempengaruhi Pendidikan yang perlu ditingkatkan dmelalui nakan inovasipembelajaran, salah satunya melalui video tutorial. Untuk membantu pemahaman siswa, pembelajaran akanmenggunakan model Problem Based Learning sebagai Penelitian Tindakan Kelas. Penataan rambut (styling)adalah salah satu topik pada mata pelajaran Kecantikan Dasar di SMK IKIP Surabaya yang terdiri daripemaparan teori dan praktikum. Namun, tidak semua siswa bisa memahami materi penataan rambut karenakurangnya visualisasi sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar. Alasan dilakukannya penelitian iniadalah untuk melatih kemampuan siswa SMK IKIP dalam penataan rambut dengan memanfaatkan media videolatihan untuk lebih mengembangkan hasil belajar. Rencana eksplorasi ini adalah memanfaatkan PTK denganmodel siklus. Penelitian ini mengahasilkan kesimpulan bahwa adanya peningkatan skor dari siklus I ke siklus II,khususnya 3,8. Selain itu, hasil perolehan siswa meningkat dari rata-rata skor 57,76 menjadi 81,91 menjelangakhir siklus II dengan tingkat pencapaian siswa 86%. Penggunaan media pembelajaran video menmampu responpositif sebesar 92%, artinya siswa merasakan penggunaan video pembelajaran.Kata Kunci: Media Video Tutorial, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penataan Rambut
Copyrights © 2023