Journal of Economic and Business
Vol 2 No 1 (2025): Maret

Pengaruh Media Sosial Instagram dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Martabak Hawaii

Maghfiroh, Lailatul (Unknown)
Anas, Zulviar (Unknown)
Santoso, Fuji (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2025

Abstract

Keputusan pembelian tidak lepas dari strategi pemasaran yaitu media sosial instgram sebagai salah satu media promosi pada pemasaran digital. Selain itu citra merek atau brand image juga menjadi salah satu faktor yang juga berpengaruh dalam keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini untuk Mengetahui apakah terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara media sosial instagram dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada Martabak Hawaii di Kabupaten Sampang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dengan Populasi seluruh konsumen Martabak Hawaii di Kabupaten Sampang. Sesuai dengan perhitungan yang telah dilakukan jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu Purposive sampling . Analisis data meliputi, uji asumsi klasik, analisis regresi, dan uji hipotesis dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel media sosial secara parsial berpengaruh secara negative dan kurang signifikan terhadap keputusan pembelian Martabak Hawaii di Kabupaten Variabel citra merek secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Artinya Martabak Hawaii memiliki citra brand yang sudah kuat dikalangan masyarakat Sampang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JOEBIS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economic and Business e-ISSN: 3046-918X -p-ISSN: 3047-4345 diterbitkan oleh Universitas Nazhatut Thullab Al-Muafa Sampang yang terbit dua kali dalam satu tahun bulan Maret dan September. Jurnal ini bertujuan menyediakan wadah bagi peneliti maupun praktisi untuk berbagi ilmu dari hasil ...