Sekolah Luar Biasa (SLB) adalah sebuah sekolah yang diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus agar bisa mendapatkan layanan dasar yang bisa membantu akses pendidikan. Sekolah ini pada umumnya mengajarkan anak mengenai berbagai keterampilan dan kemampuan dasar agar dapat mengikuti kurikulum pendidikan di sekolah umum. Sekolah Luar Biasa Marsudi putra 2 dipilih sebagai obyek penelitian dikarenakan sekolah ini terdapat kekurangan dalam taraf sarana prasarana gedung dikarenakan tata letak ruang yang tidak efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pendekatan universal arsitektur di Sekolah Luar Biasa Marsudi Putra 2 Pandak. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi preseden dan kualitatif pada beberapa bangunan sekolah luar biasa, data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan pengguna, serta studi dokumentasi terkait bangunan. Proses kajian pada bangunan ini menunjukkan bahwa penerapan universal arsitektur mampu memberikan hasil untuk konsep perancangan yang mewadahi kenyamanan dan kebutuhan siswa-siswi berkebutuhan khusus serta memberikan konsep dasar yang efektif dalam peruangan, bentuk ruang, sistem pencahayaan, penghawaan, dan elemen ruang yang nyaman bagi pelaku kebutuhan khusus.
Copyrights © 2025