Pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas hidup umat Islam di Indonesia, baik secara spiritual, sosial, maupun ekonomi. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi sistem dan metode pendidikan Islam yang efektif melalui pendekatan kualitatif berbasis studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dalam kurikulum mampu membentuk karakter siswa yang beretika dan bertanggung jawab, sementara penerapan metode pembelajaran partisipatif dan kontekstual terbukti meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, pendidikan Islam yang berorientasi pada pengembangan keterampilan praktis, seperti kewirausahaan dan literasi sosial, berkontribusi pada kesiapan kerja dan pemberdayaan ekonomi umat. Penelitian ini juga menemukan bahwa dukungan dari orang tua dan pelibatan komunitas lokal menjadi faktor eksternal yang memperkuat efektivitas pendidikan Islam. Implikasi praktis dari temuan ini adalah perlunya perancangan kurikulum yang lebih adaptif terhadap kebutuhan zaman dan kolaboratif dengan aktor-aktor sosial di luar sekolah, sementara secara teoretis, penelitian ini memperluas pemahaman tentang peran pendidikan Islam sebagai sarana transformasi sosial dan ekonomi umat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025