Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dalam strategi pengembangan usaha kue tradisional jipang pada toko Anugrah. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Pekkabata Kecamatan Duampanuan Kabupaten Pinrang selama 1 bulan terhitung mulai Juli – Agustus. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif menggunakan dengan analisis strength, weakness, opportunity dan thread (SWOT). Responden penelitian ini berasal dari ahli pakar, pemilik usaha, dan 3 orang konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi usaha kue tradisional kue tradisional jipang toko Anugrah berada pada kotak sel I, yang menggunakan metode SWOT. Nilai IFAS berada pada titik 3,16 dan nilai EFAS 3,17 yang menggambarkan bahwa usaha kue tradisional jipang pada toko Anugrah tumbuh kembang, selanjutnya berdasarkan matriks SWOT posisi usaha berada pada sumbu X dengan titik 1,88 dan sumbu Y 1,99 yang terdapat pada kuadranI. Hal ini menunjukkan bahawa usaha tersebut berada pada posisi kuat dan menggunakan strategi agresif (SO), yaitu tingkatkan dan kembangkan kualitas dan kuantitas produk, selalu menciptakan inovasi baru dalam usaha, memanfaatkan jejaring sosial dan promosi digital marketing
Copyrights © 2025