Mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep geometri transformasi karena sifatnya yang abstrak dan menuntut kemampuan berpikir visual serta logis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar mahasiswa setelah penggunaan platform Quizizz sebagai media kuis dalam pembelajaran geometri transformasi. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian adalah one-group pretest-posttest design. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan perbandingan skor sebelum dan sesudah perlakuan. Subjek penelitian ini adalah 40 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Nias. Instrumen yang digunakan meliputi tes uraian dan angket. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari 48,40 pada pretest menjadi 86,50 pada posttest. Mahasiswa juga menunjukkan peningkatan motivasi dan keterlibatan belajar setelah penggunaan Quizizz. Temuan ini menunjukkan potensi penggunaan Quizizz sebagai media kuis yang mendukung pembelajaran matematika secara lebih interaktif dan bermakna. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan strategi evaluasi formatif berbasis teknologi dalam pendidikan matematika.
Copyrights © 2025