SIGMA
Vol 11, No 1 (2025): SIGMA

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Kusumawardani, Anggi Novita (Unknown)
Indrawatiningsih, Nonik (Unknown)
Prabandari, Vionita Dinar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Kemampuan berpikir kritis krusial dalam membantu siswa memahami konsep-konsep matematika dan menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan agar dapat menggambarkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII dalam menyelesaikan masalah matematika terakait materi perbandingan, dengan mempertimbangkan gaya belajar masing-masing. Tiga siswa dipilih sebagai subjek penelitian, sebagai perwakilan gaya belajar masing-masing siswa. Pemilihan dilakukan berdasarkan hasil ulangan harian, dengan kategori nilai 85 sebagai kemampuan tinggi, nilai 70 – 84 sebagai kemampuan sedang, dan nilai 70 sebagai kemampuan rendah. Data dikumpulkan melalui kuesioner gaya belajar, tes berpikir kritis, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar visual dan auditori cenderung menunjukkan kemampuan berpikir kritis yang baik, terutama pada aspek analisis dan inferensi, kemampuan menyusun bentuk matematika yang tepat, serta menyampaikan penjelasan yang jelas, dan menyimpulkan jawaban dengan akurat. Sedangkan, siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik umumnya hanya menunjukkan kemampuan berpikir kritis pada tahap inferensi saja, yaitu dalam menyimpulkan jawaban secara tepat, namun belum maksimal dalam aspek lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal_sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal SIGMA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan. Artikel yang dimuat meliputi tulisan tentang pembelajaran baik SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi dalam bentuk: Temuan Penelitian, pembelajaran bidang studi ...