Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil peningkatan keterampilan menyimak cerita dengan menggunakan fitur podcast di aplikasi Spotify pada siswa kelas IV SD Sejahtera Kec. Medan Marelan Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakanĀ  di SD Sejahtera Kec. Medan Marelan kelas IV tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian berjumlah 11 orang, di mana 7 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu observasi dan tes. Instrumen Penelitian yaitu lembar observasi, Lembar Penilaian Kinerja Guru (PKG-I), dan pedoman tes. Desain penelitian ini, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan podcast di aplikasi Spotify dalam pembelajaran meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IV SD Sejahtera Kec. Medan Marelan TA 2023/2024. Perencanaan guru meningkat dari 77% menjadi 97%. Pelaksanaan pembelajaran juga membaik, dengan aktivitas guru naik dari 88% menjadi 98,38% dan aktivitas siswa dari 77,5% menjadi 95%. Hasil keterampilan menyimak siswa meningkat signifikan, dengan ketuntasan pre-test 18%, siklus I 54,5%, dan siklus II 90%. Kesimpulannya, penggunaan Spotify efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024