Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 4 (2025): Oktober, In proggress

Pandangan Hukum Islam terhadap Peniadaan Adzan Isya disaat Taklim, (Studi Kasus Kampung Tengah, Kec. Lembah Melintang, Kab. Pasaman Barat)

Ilman, Ahmad (Unknown)
Prasetiya, Nurul Huda (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan alasan adanya permasalahan syariat yang ditinggalkan dan syiar yang terabaikan dialah kalimah mulia Adzan, Permasalahan yang diteliti adalah permasalahan yang ada di kampug tengah, kec. Lembah melintang, kab. Pasaman Barat, yaitu peniadaan adzan Isya disaat taklim, peniadaan adzan Isya ini dilakukan ketika pelaksanaan pengajian, yang dimana pengajian (taklim) ini rutin sekali dua minggu di mesjid, namun walaupun taklimnya didalam masjid tapi jamaah tidak melaksanakan adzan ketika masuk waktu sholat Isya. Kasus ini sudah menjadi kebiasaan yang sudah lama bahkan hingga sekarang masih diterapkan, Adzan sendiri adalah syariat yang dianjurkan walaupun berbeda pendapat ulama dalam masalah hukumnya, akan tetapi dampak yang ditimbulkan ketika meninggalkan adzan sangatlah besar, terlebih lagi di kampung tengah ini hanya ada satu masjid dan jarak kampung ke kampung sebelah sekurang-kurangnya 3km, Adapun metode penelitian yang penulis lakukan ialah; Kualitatif yaitu dengan observasi dan wawancara, Penelitian ini juga mengutip berbagai kitab pendapat Ulama, untuk mendapatkan Hukum yang semestinya. setelah peneliti selesai melakukan observasi, wawancara, Dan menganalisis pendapat berbagai ulama. Lalu peneliti menuliskan Kesimpulan bahwa adzan haruslah dilaksanakan melihat keadaan masjid yang hanya satu dan penduduknya 100% muslim. Solusinya adalah ketika masuk waktu sholat isya maka pengajian berhenti sejenak dan salah seorang jamaah mengumandangka adzan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...