Penelitian ini bertujuan untuk:pertamamenganalisis transformasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Raja Ampat dalam mengembangkan syiar pendidikan agama Islam berbasis Al-Quran di wilayah kepulauan yang memiliki tantangan geografis; keduamengidentifikasi strategi dan program yang dilaksanakan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan Al Quran;ketigamengungkap faktor pendukung dan penghambat proses transformasi;keempatmengevaluasi dampak transformasi terhadap prestasi, pemerataan akses, dan pembentukan karakter Qurani masyarakat.Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi, lalu divalidasi melalui triangulasi sumber. Subjek penelitian meliputi pengurus LPTQ, guru/pelatih Al-Quran, tokoh agama, peserta program, dan pihak terkait lainnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa:pertamaLPTQ berhasil berubah dari pelaksana kegiatan seremonial menjadi agen pendidikan komunitas yang berkelanjutan;keduaprogram strategis mencakup pembinaan intensif, pelatihan dewan hakim, peningkatan kualitas guru ngaji, serta penyelenggaraan MTQ, STQH, 100 Hadits Bersanad, dan Karya Tulis Ilmiah;ketigacapaian prestasi di tingkat provinsi dan nasional meningkat signifikan, termasuk pada kategori tilawah, hifzil, fahmil, syahril, dan karya tulis;keempattantangan masih ada di beberapa cabang lomba dan keterbatasan akses wilayah terpencil sehingga perlu inovasi pembinaan berbasis teknologi dan kolaborasi lintas lembaga.Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya sinergi pemerintah daerah, lembaga keagamaan, dan pemanfaatan teknologi untuk penguatan syiar Al-Quran di daerah 3T secara adaptif, inklusif, dan berkelanjutan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025