Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implemetasi dari metode gerakan untuk menghafal hadis pada anak usia 4-5 tahun di KB TK Islam Al Azhar 64 Baturaja, sekaligus menganalisa apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode gerakan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Proses pengumpulan data dilakukan secara langsung melalui wawancara, observasi, dan di dukung dengan hasil dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode gerakan dalam menghafal hadis pada anak usia 4-5 tahun di KB TK Islam Al Azhar 64 Baturaja telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, metode ini terbukti dapat memudahkan anak dalam menghafal hadis sehari-hari. Metode ini dapat terlaksana dengan baik karena didukung oleh tenaga pendidik dalam hal ini guru yang sangat berperan dalam pelaksanaan metode gerakan tersebut. Sedangkan faktor penghambat adalah masih terbatasnya dukungan dan bantuan dari pihak orangtua. Dapat disimpulkan bahwa implementasi metode gerakan untuk menghafal hadis pada anak usia 4-5 tahun telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Copyrights © 2025