Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan media PAJAR (Papan Belajar) untuk meningkatkan fokus dan daya ingat pada anak usia dini, khususnya pada pembelajaran huruf vokal dan angka di RA Asy Syafi'. Perkembangan kognitif pada tahap awal memberikan landasan pendidikan, mencakup keterampilan akademis yang penting. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui observasi, wawancara orang tua, dan analisis dokumentasi, dengan target anak usia 4–5 tahun. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa sifat interaktif dan multisensori PAJAR secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan kinerja memori anak-anak. PAJAR merupakan media pembelajaran yang didesain untuk menggabungkan permainan dan pembelajaran melalui metode interaktif yang menstimulus keterampilan motorik halus dan keterlibatan melalui pendekatan visual dan taktil. Hasil pengamatan mengungkapkan bahwa aktivitas seperti mencari, menempel, dan menulis huruf dan angka mendorong perkembangan keterampilan motorik dan memfasilitasi interaksi guru-anak yang lebih dalam. Hal ini menunjukkan bahwa penerapannya menghasilkan peningkatan motivasi belajar dan daya ingat materi pembelajaran pada anak usia dini
Copyrights © 2025