Kota Kendari mengalami peningkatan kebutuhan akan layanan kesehatan seiring dengan pertumbuhan penduduk dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pelayanan medis yang berkualitas. Rumah Sakit Swasta Aliyah 2 Kota Kendari sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan menghadapi tantangan dalam menarik dan mempertahankan pasien. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap keputusan pasien dalam memilih layanan kesehatan meliputi Brand Image, Marketing Mix, dan Key Opinion Leader. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap keputusan pasien menggunakan layanan kesehatan di Rumah Sakit Swasta Aliyah 2 Kota Kendari.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala Likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 26 untuk menguji validitas, reliabilitas, serta analisis regresi linier berganda guna mengetahui pengaruh masing-masing variabel terhadap keputusan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image, Marketing Mix, dan Key Opinion Leader memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pasien dalam memilih layanan kesehatan di Rumah Sakit Swasta Aliyah 2 Kota Kendari baik secara parsial, maupun simultan. Kata kunci: Brand Image, Marketing Mix, Key Opinion Leader, Keputusan Pasien
Copyrights © 2025