Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penilaian Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam PAI di SMP Al-Chalidiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian Kurikulum Merdeka telah dilaksanakan secara bertahap dan menyeluruh, meliputi asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif. Penilaian tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga menyentuh ranah afektif dan spiritual melalui observasi, portofolio, dan proyek. Kendala yang dihadapi antara lain rendahnya pemahaman guru terhadap rubrik penilaian, beban administrasi tinggi, dan siswa yang belum terbiasa dengan penilaian non-tes. Strategi yang diterapkan guru mencakup penyederhanaan rubrik, kolaborasi antar guru, pemanfaatan teknologi, serta pendekatan personal dalam penugasan. Penilaian yang holistik terbukti efektif dalam mengukur kompetensi dan karakter siswa sesuai tujuan Kurikulum Merdeka.
Copyrights © 2025