Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fungsi karya sastra yaitu sebagai dulce et utile yang berarti hiburan dan berguna. Salah satu kegunaannya adalah dengan mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter pada novel Hello karya Tere Liye dengan menggunakan teori nilai-nilai pendidikan karakter Kemendiknas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Hello karya Tere Liye. Penelitian ini menggunakan kajian sosiologi sastra yang berguna untuk mengkaji bagaimana perilaku tokoh sebagai anggota masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu menguraikan dan menjelaskan fakta yang terdapat pada teks novel Hello yang disajikan dalam bentuk kutipan dan teknik mengumpulkan data adalah dengan metode studi pustaka. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang terdapat pada novel Hello. Dari hasil penelitian, ditemukan sepuluh nilai pendidikan karakter, peduli sosial, tanggung jawab, toleransi, menghargai prestasi, rasa ingin tahu, disiplin, religius, cinta damai, bersahabat/komunikatif, dan cinta tanah air dan setiap data telah menggambarkan nilai pendidikan yang dapat dijadikan contoh bagi pembaca.
Copyrights © 2025