Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 11, No 2 (2025): Jurnal Pedagogi Matematika

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA SMK KELAS X

El Mubarok, Umar Fawzy (Unknown)
Rizkianto, Ilham (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk :  (1) menghasilkan  suatu bahan ajar berupa e-modul  berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan aplikasi web Heyzine Flipbook, (2)  mengetahui kelayakan bahan ajar berupa e-modul berbasis Problem Based Learning pada materi barisan dan deret aritmetika dengan aplikasi web Heyzine Flipbook dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan , dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di SMKN 1 Slawi dengan subjek penelitian adalah kelas X AKL 4 yang berjumlah 36 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain: e-modul, modul ajar, lembar validasi, angket respon peserta didik, dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli, angket respon peserta didik, dan tes uji kompetensi untuk menguji keefektifan e-modul. Hasil Penelitian ini memenuhi aspek: (1) kevalidan ditinjau dari hasil validasi ahli materi diperoleh skor 78,53 dengan  = 4,91 dan ahli media dengan skor 33 dengan  = 4,74 pada kategori sangat baik, (2) kepraktisan ditinjau dari hasil angket respon peserta didik dengan skor 14,27 dengan   = 4,76 pada kategori sangat baik, (3) keefektifan ditinjau dari uji T-Test menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar menggunakan e-modul prestasi belajar meningkat secara signifikan dari nilai pembanding, hasil uji persentase ketuntasan belajar meningkat mencapai 86,11%. Oleh karena itu, e-modul layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...