Lembaga pendidikan Islam seperti madrasah kerap menghadapi keterlambatan dan kesalahan data dalam pengolahan nilai serta penyusunan laporan karena proses administrasi masih dilakukan secara manual. Penelitian ini bertujuan mengotomatisasi rekap nilai dan pembuatan laporan akademik dengan menerapkan kecerdasan buatan (AI) guna meningkatkan efisiensi dan akurasi manajemen pendidikan. Metode yang digunakan mencakup analisis kebutuhan di satu madrasah aliyah, perancangan sistem berbasis AI, serta implementasi modul machine-learning untuk analisis nilai, uji coba ini dilakukan di satu madrasah aliyah (MA) dengan 150 catatan nilai siswa yang dikumpulkan pada periode Juli–Desember 2024 dan 20 tenaga pengajar dan tenaga pendidik. Hasil pengujian menunjukkan waktu rekap nilai rata-rata berkurang dari sekitar 2–3 hari menjadi hanya 8–10 menit (≈97 % pengurangan), pembuatan laporan akademik 3–5 hari menjadi 1–2 jam, dan tingkat kesalahan input menurun lebih dari 90 %. Sebanyak 85 % tenaga pengajar dan tenaga administrasi menyatakan sistem sangat membantu pekerjaan. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi AI secara nyata meningkatkan efisiensi, akurasi, dan transparansi administrasi pendidikan Islam sekaligus memberikan kontribusi penting bagi agenda digitalisasi madrasah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi nyata dalam digitalisasi pendidikan Islam melalui pemanfaatan teknologi AI. Meskipun prototipe didemonstrasikan di satu institusi, arsitektur modularnya menggambarkan adaptasi baru AI dalam administrasi pendidikan Islam.
Copyrights © 2025