Journal of Systems, Information Technology, and Electronics Engineering
Vol 4 No 1 (2024): JUNI 2024

Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Informatika di Smk Al-Munir Jepara

Awwaliyah, Fatikha Tuddina (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui perbedaan pemahaman siswa dalam mata pelajaran informatika di SMK Al-Munir Jepara sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). 2) Untuk mengkaji keefektifan penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran informatika di SMK Al-Munir Jepara. 72 halaman. Penelitian ini merupakan penelitian experiment dengan jenis Quasi-experimental. Terdapat dua variabel yakni Creative Problem Solving (CPS) dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Informatika. Sampel penelitian ini yaitu 30 siswa. Instrumen penelitian ini yaitu test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normaliatas sesi pre-test pada kelas experimen yaitu 0,243 pada sesi post test sebesar 0,115 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,150 pada sesi pre-test dan 0,101 pada sesi post-test

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsite

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

System Engineering, Information Technology, Electronics Enginering, Electrical Engineering, Mechatronics, Automation, Educational Digital Media, Artificial Intelligence, and ...