Transformasi pendidikan Islam di era globalisasi menempatkan perumusan profil lulusan sebagai fondasi strategis untuk menyelaraskan kurikulum, pedagogi, dan evaluasi dengan kebutuhan pasar kerja serta kompetensi abad ke-21. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses perumusan profil lulusan di Pondok Modern Darul Khoirot (PMDK) Malang, menganalisis implementasi manajemen mutu dalam penetapan profil, dan mengidentifikasi faktor pendukung serta penghambatnya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data dihimpun melalui wawancara mendalam, observasi, analisis dokumen, dan kajian pustaka; analisis dilakukan secara interaktif mengikuti model Miles & Huberman dengan triangulasi sumber dan teknik untuk menjaga kredibilitas. Hasil menunjukkan empat tahap kunci: identifikasi kebutuhan pemangku kepentingan, penyusunan draf berbasis benchmarking nasional-global, finalisasi partisipatif, serta publikasi dan sosialisasi sebagai panduan implementasi; penerapan Total Quality Management (TQM) dengan siklus Plan–Do–Check–Act (PDCA), penguatan kapasitas pendidik, dan kolaborasi lintas sektor mendorong konsistensi capaian, integrasi nilai keislaman dengan literasi digital, berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi lintas budaya.
Copyrights © 2025