AbstrakKurangnya semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran akibat keterbatasan guru dalam membuat media pembelajaran yang kreatif dan menarik sehingga menjadikan hasil belajar menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membuat  media pembelajaran Smart Box untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2A SD Negeri 1 Sarirejo Kecamatan Kaliwungu serta menganalisis efektifitas dan kelayakan media Smart Box yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Developmend (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang mencakup 10 tahapan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Hasil analisis data media dinyatakan layak oleh ahli media dengan persentase sebesar 80%, dan dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dengan persentase sebesar 92%. Pengembangan media pembelajaran ini terbukti berpengaruh terhadap peningkatan rata-rata hasil belajar siswa. Keefektifan media diuji dengan menggunakan uji N-Gain diperoleh nilai 0,56 dengan kategori sedang. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa media Smart Box layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar, Media Smart Box, Pendidikan Pancasila 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025