Kepercayaan diri merupakan aspek penting yang perlu dikembangkan pada peserta didik untuk menunjang keberhasilan akademik dan sosial mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi peningkatan kepercayaan diri siswa melalui layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik modelling. Desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design pada siswa kelas X di SMAN 15 Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 7 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui skala kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik modelling sebanyak tiga kali pertemuan. Analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 29.0. Hasil analisis menunjukkan nilai Z = -2,384 dengan tingkat signifikansi 0,017 yang berarti terdapat peningkatan kepercayaan diri siswa secara signifikan setelah mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik modelling. Seluruh subjek mengalami peningkatan skor setelah intervensi dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar layanan konseling kelompok dengan teknik modelling dapat dimanfaatkan sebagai strategi efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di sekolah. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025