Jurnal Pendidikan Sultan Agung
Vol 5, No 3 (2025)

PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK MATERI PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD NEGERI NGALIYAN 02 SEMARANG

Sutta, Sindiyantika (Unknown)
Prasetyaningtyas, Fitria Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2025

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah karena tingkat pemahaman dan pencapaian belajar siswa terhadap materi mengenai pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari masih tergolong rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan media pembelajaran yang kurang sesuai. Oleh karena itu, fokus utama dalam penelitian ini adalah pengembangan media ajar berbentuk pop-up book untuk membantu peningkatan hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SDN Ngaliyan 02 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas penggunaan media pop-up book dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan pengembangan (R&D) yang dilakukan berdasarkan acuan dari suatu model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg & Gall. Penelitian dilakukan di SDN Ngaliyan 02 Semarang dengan melibatkan 23 siswa kelas II. Validasi media berasal dari hasil penilaian yang diberikan pakar media dan pakar materi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) buku ajar berbentuk pop-up memperoleh skor kelayakan sebesar 85% serta penilaian materi dengan capaian 91%, yang berarti media tersebut layak digunakan dalam pembelajaran; (2) terdapat peningkatan signifikan hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan nilai pretest 30% dan nilai posttest meningkat 96% setelah penggunaan media. Berdasarkan hasil tersebut, media pop-up book dinyatakan mampu membantu siswa memahami materi pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: pop-up book, nilai-nilai Pancasila, research and development.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsa

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sultan Agung (JP-SA) is a journal that aims to facilitate and promote scientific conceptual ideas, systematic investigations or reviews, and dissemination of research results in the fields of early childhood education, primary and secondary education, higher education, teacher ...