Jurnal Pendidikan Sultan Agung
Vol 5, No 3 (2025)

PENGARUH PENERAPAN BUDAYA KERJA 5S DAN PERSEPSI K3 TERHADAP KESADARAN PERILAKU K3 SISWA TEKNIK PEMESINAN DI PROVINSI GORONTALO

Hatibie, Muhammad Fikri (Unknown)
Sunardi, Sunardi (Unknown)
Uloli, Hendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan budaya kerja 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) dan persepsi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap kesadaran perilaku K3 siswa teknik pemesinan di Provinsi Gorontalo. Kesadaran perilaku K3 menjadi krusial mengingat potensi bahaya di lingkungan bengkel pemesinan. Meskipun program K3 telah diterapkan, insiden terkait K3 masih mungkin terjadi, menunjukan perlunya pemahaman lebih mendalam mengenai factor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian menggunakan penelitian kausal asosiatif dengan regresi. Data dikumpulkan melalui kuisioner kepada 77 orang siswa teknik pemesinan di provinsi Gorontalo. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi berganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa budaya kerja 5S dan persepsi K3 secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesadaran perilaku K3 siswa teknik pemesinan di Provinsi Gorontalo sebesar 0,505. Hal ini berarti pengaruh budaya kerja 5S dan persepsi K3 terhadap kesadaran perilaku K3 sebesar 50,5%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsa

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sultan Agung (JP-SA) is a journal that aims to facilitate and promote scientific conceptual ideas, systematic investigations or reviews, and dissemination of research results in the fields of early childhood education, primary and secondary education, higher education, teacher ...