Journal of Architecture and Human Experience
Vol 3 No 2 (2025): October

Kajian Fasilitas Publik dan Titik Kriminalitas di Kawasan Stadion Mandala Krida, Yogyakarta dengan Analisis Spasial Space Syntax

Nathanael, Steven Wiliam (Unknown)
Karang, Anak Agung Ayu Ratih Tribhuana Adityadewi (Unknown)
Wijayanti, Maria Rosari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Yogyakarta merupakan kota dengan sebutan Kota Pelajar karena banyaknya fasilitas edukasi yang berkualitas dan menarik para pelajar di Indonesia untuk mengenyam Pendidikan di Kota Yogyakarta. Namun dengan banyaknya pelajar menunjukkan juga banyaknya remaja yang tinggal pada kota ini. Para remaja memiliki karakteristik yang sedang mencari jati diri sehingga dapat menimbulkan kenakalan remaja yang jika tidak diberikan ruang eksplorasi yang benar dapat mencapai tahap kriminalitas. Kriminalitas di Kawasan Stadion Mandala Krida Yogyakarta menjadi hal yang berhubungan dengan lingkup spasial kawasan sekitarnya. Kriminalitas yang terjadi di Kawasan Stadion Mandala Krida tersebut berhubungan dengan connectivity dan pada kawasan tersebut. Kajian mengenai fasilitas public dan titik kriminalitas di Kawasan Stadion Mandala Krida dilakukan dengan cara analisis spasial Space Syntax yang nantinya akan mengidentifikasi hubungan antara kriminalitas jalanan yang terjadi dengan analisis Connectivity pada kawasan tersebut. Connectivity yang dikaji, akan menghasilkan sebuah hubungan yang terjadi antara Kriminalitas, dengan connectivity dan yang akan mempengaruhi fasilitas public yang harus disediakan nantinya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

archimane

Publisher

Subject

Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering

Description

ARCHIMANE Journal of Architecture and Human Experience publishes articles on architecture from various perspectives, encompassing both literary and fieldwork studies. The journal focuses on several aspects, including: 1. Architectural Design matters 2. Housing and Urban Design 3. Vernacular and ...