Journal Automation Computer Information System (JACIS)
Vol. 5 No. 2 (2025): November (In Progress Issue)

Penerapan Algoritma K-Means untuk Mengetahui Pola Belajar Siswa TK: Analisis Strategi Menuju Transformasi Pembelajaran Anak Usia Dini

Khairunnisa, Ika (Unknown)
Irawan, Bambang (Unknown)
Bhakti, R.M Herdian (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2025

Abstract

Di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), setiap anak memiliki latar belakang, kemampuan, dan gaya belajar yang berbeda, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang adaptif agar setiap anak dapat berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode K-Means dalam menentukan kelompok belajar di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Wangandawa. Metode K-Means digunakan untuk mengelompokan anak berdasarkan kemampuan dasar seperti menulis, membaca, dan berhitung sehingga proses pembelajaran dapat lebih terarah dan efektif. Penerapan clustering ini juga memudahkan pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih responsif terhadap kebutuhan anak. Dengan demikian, penggunaan metode K-Means dalam pembentukan kelompok belajar di TK dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini secara sistematis dan berbasis data

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jacis

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

JACIS: Journal Automation Computer Information System is officially registered in the Centre for Data and Scientific Documentation (PDDI), Indonesia Institute of Science with ISSN Number 2797-8443 (online). JACIS: Journal Automation Computer Information System is published twice, in May and ...