SABURAI INTERNASIONAL JOURNAL OF SOCIAL, SCIENCES, AND DEVELOPMENT (Saburai-IJSSD)
Vol 9, No 1 (2025): SABURAI IINTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL SIENCES AND A DEVELOPMENT

PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA PUSKESMAS NGAMBUR KABUPATEN PESISIR BARAT

Fajri, Mirwan (Unknown)
Sodirin, Sodirin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Kompetensi SDM dan pengalaman kerja penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan karena dapat membuat pegawai bekerja lebih efektif dan efisien. Hal ini dapat menghasilkan produk atau layanan yang berkualitas dan memuaskan konsumen dalam hal ini pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi SDM dan pengalaman kerja terhadap kualitas pelayanan pada Puskesmas Ngambur Kabupaten Pesisir Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan (field reseach) yaitu penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data yang berupa angka dan penelitiannya mengkaji kehidupan nyata di lapangan dalam hal ini pada objek yang diteliti. Penelitian ini menggunakan 63 responden penelitian. Berdasarkan analisis data telah ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; Terdapat pengaruh kompetensi SDM (X1) terhadap kualitas pelayanan (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 40,9%. Terdapat pengaruh pengalaman kerja (X2) terhadap kualitas pelayanan (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 18,5%. Terdapat pengaruh kompetensi SDM (X1) dan pengalaman kerja (X2) secara bersama-sama terhadap kualitas pelayanan (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 50,9%.

Copyrights © 2025