Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 4 (2025): AGUSTUS - SEPTEMBER 2025

Strategi Siswa Kelas XII MAS Al-Washliyah Tanjung Pasir Dalam Menyikapi Perkembangan Teknologi dan Akhlak Islami

Yuli Pratiwi (Unknown)
Robie Fanreza (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi siswa kelas XII MAS Alwashliyah Tanjung Pasir dalam menyikapi perkembangan teknologi dengan tetap menjaga akhlak Islami. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam terhadap beberapa siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi di kalangan siswa cukup beragam. Misalnya, Edy lebih memfokuskan penggunaan teknologi untuk mendukung pembelajaran, sedangkan Tama dan Zulham lebih banyak menggunakannya untuk bermain game. Irma dan Yuli lebih sering membuka media sosial, khususnya TikTok dan platform lain untuk berkomunikasi. Meskipun demikian, seluruh siswa juga memanfaatkan teknologi sebagai media untuk menunjang proses belajar, seperti mencari materi tambahan, menonton video pembelajaran, dan berinteraksi dengan guru melalui platform digital. Namun, di sisi lain muncul tantangan berupa kecenderungan menghabiskan waktu yang berlebihan untuk hiburan digital, sehingga diperlukan kontrol diri yang kuat agar tidak mengganggu kewajiban belajar maupun ibadah. Kesimpulannya, strategi siswa dalam memanfaatkan teknologi masih bersifat campuran antara kebutuhan belajar dan hiburan, sehingga peran guru, orang tua, dan sekolah sangat penting untuk membimbing mereka agar bijak dalam menggunakan teknologi tanpa mengabaikan nilai-nilai akhlak Islami.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...