Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 4 (2025): AGUSTUS - SEPTEMBER 2025

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal, Seni, Dan Teknologi Digital (Studi Kasus: SDN 1 Tegalwaton & SDN 3 Tegalwaton)

Dewi Widowati (Unknown)
Arya Surya Baskara (Unknown)
Syafina Anindiyasari (Unknown)
Mutia Ramadani Hidayah (Unknown)
Nailina Safira Cinta Karinova (Unknown)
Uswatun Khasanah (Unknown)
Isna Aulia Salsabila (Unknown)
Pinasthi Nugroho (Unknown)
Syukriyya Zuhrotul Endang Purwaningsih (Unknown)
Ary Setyawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2025

Abstract

Program pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan kearifan lokal, seni, dan teknologi dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan literasi, kreativitas, serta kesadaran masyarakat terhadap budaya dan lingkungan. Kegiatan ini mencakup pembelajaran mitigasi bencana yang dikemas dalam bentuk interaktif, pengenalan bahasa Jawa melalui media permainan tradisional, pelatihan batik ecoprint pada media totebag sebagai wujud edukasi seni ramah lingkungan, serta pelatihan desain grafis menggunakan Canva untuk meningkatkan keterampilan digital. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dengan melibatkan siswa SDN 1 Tegalwaton dan SDN 3 Tegalwaton. Hasil kegiatan menunujukkan bahwa peserta didik mampu memahami pentingnya mitigasi bencana, lebih mencintai budaya lokal, serta terampil dalam menghasilkan karya seni dan desain digital yang bermanfaat. Program ini membuktikan bahwa integrasi kearifan lokal, seni, dan teknologi dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kreativitas masyarakat secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...